728x90 AdSpace

26 Februari 2019

Ketika Hati Harus Memilih (KHHM) (14)


 Edisi Spesial: Tulisan dibuat di Moscow untuk para pembaca SuaraKuningan.com

Seri Tulisan. “Ketika Hati Harus Memilih (KHHM)” merupakan tulisan bersambung.
Sebelumnya: Ketika Hati Harus Memilih (KHHM) (13)

Oleh: Kang Iman
(DR. Iman Subasman (@imansubasman). Pengurus ICMI Kuningan dan Peneliti Puspamdik (Pusat Studi Pengembangan Mutu Pendidikan )

"Ketika berbuat baik pada sesama, kita sedang memujiNya dengan cara bersyukur atas penciptaanNya" 

Setiap orang membutuhkan energi positif untuk dirinya. Energi itu mempunyai dua fungsi (1) untuk terus mengalirkan inspirasi terbaik dan nilai-nilai postif yang telah ada dalam diri (2) untuk meruntuhkan kecendrungan energi positif, melalui inspirasi positif.

Salah satu hal yang sulit dalam mengelola energi itu, adalah saat kita harus berinteraksi dengan sesama. Kadang kita mendapatkan energi positif itu hadir melalui orang-orang tertentu namun seringkali kita mendapatkan orang-orang yang saat berinteraksi dengannya memberikan energi negatif kepada diri kita. Kita terkadang mendapatkan sesama yang kecendrungan memberikan dan menularkan energi negatif. Diantara energi yang sering ditukarkan orang lain kepada diri kita adalah fitnah, hoax, negatif thinking, komentar negatif dan lainya.

Namun itulah realita yang kita hadapi, menghindar 100% dari keadaan itu tidak mungkin maka hal yang paling mungkin adalah menumbuhkan jiwa yang " imun" yaitu kita menjadi seorang yang mandiri dengan tekad yang kokoh dan pribadi yang tegar, tak mudah terpengaruh oleh angin yang menerpa pribadi kita.

Kini, terpaan keadaan akan menyeleksi sikap kita. Untuk menjadi kokoh dalam terpaan pohon jati selalu menancapkan akarnya lebih dalam dan mencakram ke tanah lebih kuat dibandingkan dari pohon-pohonlainnya. Akarnya terus menelisik ke arah saluran air tanah yang dengannya bisa bertahan dalam berbagai iklim.









Maka ketika kita ingin kokoh seperti jati, arahkan akar positif itu kepada sesama. Akar positif itu bernama pikiran, sikap dan tindakan yang selalu baik kepada sesama manusia.


Moskow, 26 Februari 2019

Sukses selalu, Suara Kuningan
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Ketika Hati Harus Memilih (KHHM) (14) Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan