728x90 AdSpace

1 Maret 2019

Ketika Hati Harus Memilih (KHHM) (16)

Seri Tulisan. “Ketika Hati Harus Memilih (KHHM)” merupakan tulisan bersambung.
Sebelumnya: Ketika Hati Harus Memilih (KHHM) (15)

Oleh: Kang Iman
(DR. Iman Subasman (@imansubasman). Pengurus ICMI Kuningan dan Peneliti Puspamdik (Pusat Studi Pengembangan Mutu Pendidikan )

Sisihkan waktu untuk berkunjung kepada orang yang lebih tua, mintalah nasehatnya 

Ada kebiasaan yang diamanatkan oleh orang-orang baik yaitu menemui orang yang lebih tua. Perjalanan hidup yang kita alami adalah rangkaian momentum dari waktu ke waktu yang sering kita sebut dengan peristiwa. Setiap orang secara alami akan mencari nilai serta hikmah yang dialaminya pada setiap peristiwa.

Kadang orang itu gagal bukan karena ia gagal pada peristiwanya tapi yang lebih memperburuk keadaanya adalah ketika ia gagal mensikapi peristiwa yang dialaminya. Begitu juga orang yang sukses bukanlah orang yangg sukses dalam peristiwanya tapi ia sukses ketika ia berhasil membuat hikmah yang besar dari peristiwa itu dan pandai menjadikannya bekal untuk menghadapi peristiwa pada masa depan.

Untuk menyiapkan sikap dalam menghadapi peristiwa yang akan dialami kita pun membutuhkan berbagai macam inspirasi. Inspirasi dapat kita peroleh dengan setidaknya dengan dua hal yaitu membaca buku dan pergaulan. Melalui buku yang kita baca pikiran yang kita akan menjadi terasah untuk mendapatkan inspirasi untuk bekal menghadapi peristiwa pada masa depan.

Buku adalah kumpulan ide dan gagasan serta pengetahuan yang sangat baik. Ia bukan hanya tulisan, tapi ia adalah gagasan yang tertulis dan dipikirkan oleh para penulisnya. Sesingkat apapun tulisan yang telah dipikirkan oleh penulisnya. Selain buku orang-orang bijak menganjurkan untuk bergaul kepada sesama, khususnya kepada yang lebih tua. Kita tidak perlu membandingkan usia, latar belakang pendidikan ataupun status sosial dengan mereka, pandanglah mereka sebagai orang yang telah pengalaman mensikapi berbagai peristiwa maka mendapatkan petuah dari mereka akan menjadi pengetahuan tersendiri untuk kita.










Tanyakan pada mereka bagaimana sikap menghadapi peristiwa yang mungkin telah dan akan kita hadapi di masa mendatang. Tanyakan juga bagaimana mereka mensikapi kegagalan dan kesuksesan ambilah inspirasi terbaik dari mereka, dengan demikian kita telah mempercepat mendapatkan inspirasi untuk menghadapi berbagai peristiwa di masa mendatang.

Kini, ketika anda memiliki simpanan inspirasi dan kesiapan menghadapi peristiwa maka anda adalah sosok yang telah berbekal dari pengetahuan masa lalu dan pengetahuan masa depan. Maka benarlah kata pepatah sopir yang baik bukan hanya melihat jalan tapi juga berpengetahuan terhadap kondisi jalan yang akan dilaluinya.

---
Mang sukun with love
From Istanbul Turki, 1 Maret 2019
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Ketika Hati Harus Memilih (KHHM) (16) Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan