728x90 AdSpace


 

Update
10 Maret 2018

Aku Hadir Dalam Rindumu - AHDR (9)

Catatan Akhir Pekan "Aku Hadir Dalam Rindumu" merupakan tulisan bersambung.
Edisi sebelumnya :  Aku Hadir dalam Rindumu (8) 
Oleh: Kang Iman (DR. Iman Subasman (@imansubasman). Konsultan Evaluasi Pendidikan Islam)

Mengerahkan segala potensi untuk menggapai cita-cita sangat dianjurkan. Manusia diberikan kemampuan untuk mengoptimalkan segenap akal, fisik, pikiran, ilmu untuk mendapatkan keinginannya, dengan tekadnya itu manusia dihinggapi gairah dalam menjalan hidupnya. Alam ini memang untuk manusia.

Saat berupaya untuk mencapai hal yang diinginkannya, khususnya dalam orientasi dunia, adakalanya cita-cita mudah ia dapatkan, ada juga kalanya ia menghadapai tantangan yang sangat berat, melelahkan dan kadang juga hampir menyeretnya pada jurang keputusasaan. Putus asa, karena upayanya telah merasa seoptimal namun hasil tidak seperti yang ia harapkan bahkan mungkin bertolak belakang dari keinginannya.

Saat menghadapi kesuksesan dan kesulitan adalah saat yang harus lebih menyeimbangkan usaha lahir yang dilakukan dan keadaan batin yang ia sembunyikan. Tersembunyi sikap batin karena ia adalah energi, ia adalah kekuatan sekaligus ia adalah penghambaan. Jika dalam masa kesuksesan batinnya tidak terjaga, memudahkan orang untuk melanggar etika dari kesuksesannya, muncullah rasa ujub, sombong, ingin popularitas bahkan diam-diam ia berkata dalam hatinya "ini adalah karyaku atas potensiku ".

Keadaan mengagungkan diri adalah sikpa yang perlu dihindari, karena kesuksesan hakikatnya adalah kesempatan mendapatkan apa yang kita cita-citakan. Kesuksesan fisik adalah kesempatan dan kesuksesan batin adalah penghambaan padaNya dan pengakuan bahwa semuanya adalah milikNya. Batasannya adalah kecukupan, dan kecukupan yang terbaik adalah kecukupan yang tersimpan dalam nuraninya.

Sederhana Buya Hamka memberikan nasehat, "orang yang paling kaya adalah orang paling merasa cukup dengan pemberian Allah, dan orang yang paling sedikit kebutuhannya".***

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Aku Hadir Dalam Rindumu - AHDR (9) Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan