728x90 AdSpace

Update
11 April 2018

Dhani Waja Kopi, Pelopor Kebangkitan (Kembali) Kopi Kuningan



suarakuningan.com - Berawal mengobrol dengan petani yang baru memulai teknik petik merah. Dan bercerita tentang stok green beannya  yang masih banyak karena permintaan pasar yang masih kurang.

Meskipun saat ini kedai kopi banyak yang buka, akan tetapi minat memakai kopi lokal khususnya robusta masih sangat rendah. Padahal petani kopi di kabupaten Kuningan sebagian besar adalah petani kopi robusta.

Atas dasar itulah maka saya membuat sebuah wadah dimana memiliki tujuan ingin mengangkat kopi lokal asli kuningan khususnya robusta.

Waruga jagat (waja) kopi kuningan didirikan oleh saya bersama teman untuk mewadahi keinginan petani yang ingin kopinya bisa kejual kemana-mana.

Waja kopi kuningan memulai dari mengangkat kopi robusta cibeureum terlebih dahulu karena petaninya yaitu Pa Komala sudah sangat paham akan proses pengolahan kopi dengan sangat baik. Dari mulai petik merah sampai jadi greenbean yang siap di roasting (sangrai.red). Pa komala sendiri merupakan petani binaan dari Pra Koperasi Kopi Nusantara (cirebon), sehingga pengolahan kopinya sudah sangat baik.

Setelah kopi robusta cibeureum mulai dikenal oleh masyarakat, selanjutnya kita juga akan mulai memperkenalkan beberapa kopi lokal seperti kopi dari Darma, Gunung Aci, Situ Gede.

Demikian Kang Dhani mengisahkan jejak merintis mengorbitkan kopi Kuningan. Atas upaya kerasnya ini, DPD KNPI Kuningan memberikan penghargaan.

Kini Kopi Asli Kuningan dapat di pesan di Blibli.com.(Red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Dhani Waja Kopi, Pelopor Kebangkitan (Kembali) Kopi Kuningan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan