Hot News
10 April 2018

POC Hasil Teknologi Nano, Dikembangkan Putra Daerah Kuningan


suarakuningan.com - Adanya perkembangan kecerdasan manusia dalam penelitian "rahasia Alloh" di berbagai bidang, menghasilkan hal-hal baru untuk kebutuhan manusia.

Teknologi nano untuk bidang pertanian dan peternakan (pakan dan vaksin), yang dulu hanya sebuah mimpi di laboratorium mahal dan fasilitas super, kini malah bisa dilakukan dalam skala home industry. 

Anggapan pengembalian kesuburan tanah terutama bekas pertambangan, tanah berpasir dan bekas lahan bencana, diperlukan waktu 30 tahun, kini bisa disingkat hanya beberapa tahun! Berkat teknologi nano, pupuk cair dapat bekerja lebih efisien dalam mengembalikan kesuburan lahan.

Dulu jangankan android, hp atau komputer saja belum terbayangkan, kurun waktu 30 tahun, teknologi "impian" menjadi bagian tak terpisah dari kehidupan manusia.

Baca Juga:

Pakan dari Ketela Selamatkan Ikan dari Upwelling, Direspon Bupati Utje

Demikian juga dengan teknologi untuk pertanian, POC (Pupuk Organik Cair) kini bisa bekerja lebih optimal untuk meningkatkan penyerapan hara, perlindungan tanaman dari hama penyakit, serta meningkatkan hasil produktifitas tanaman dengan efisiensi dan penghematan sumberdaya lahan.

Dalam kinerjanya Teknologi Nano tidak hanya berperan pada proses penyerapan hara oleh tanaman namun juga bekerja pada tanah yaitu memecah agregat tanah menjadi molekul atom yang sangat kecil. Sebagai contoh tanah liat sangat sulit untuk menyerap air dan hara. Teknologi Nano bekerja memecah tanah liat tersebut menjadi bagian-bagian kecil sehingga luas permukaan penyerapan akan semakin besar.

Kini puluhan petak lahan pertanian di Kuningan, juga beberapa peternakan milik masyarakat, mulai merasakan hasil pupuk olahan warga Kuningan, Mas Tio (Sulistio IPAC) yang pada secara konsisten bekerja sendiri memproduksi pupuk organik dengan teknologi nano di lahan miliknya.

Pada Pelantikan Pengurus DPD KNPI Kuningan, Mas Tio menerima penghargaan sebagai pengembang pertanian dari DPD KNPI Kuningan.(red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: POC Hasil Teknologi Nano, Dikembangkan Putra Daerah Kuningan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan