Hot News
1 Juni 2018

Artikel: Penting Rawat Kulit Kita Sebagai Indra Peraba

by:Amabelle Kuningan

suarakuningan.com - Kulit adalah organ terluar dari tubuh yang melapisi seluruh tubuh manusia. Berat kulit diperkirakan sekitar 7 % dari berat tubuh total. Pada permukaan luar kulit terdapat pori-pori (rongga) yang menjadi tempat keluarnya keringat.

Kulit adalah organ yang memiliki banyak fungsi, diantaranya adalah sebagai pelindung tubuh dari berbagai hal yang dapat membahayakan, sebagai alat indra peraba, sebagai salah satu organ yang berperan dalam eksresi, menjaga suhu tubuh agar stabil dll.

Melihat fungsi kulit yang sedemikian penting, maka kulit dapat pula merefleksikan kondisi kesehatan seseorang. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kesehatan kulit kita sesuai dengan jenis kulit yang kita miliki.

Mari kita kenali jenis kulit kita dan bagaimana menjaganya agar selalu sehat.

1.  Kulit Berminyak
Jenis kulit ini biasanya ditandai dengan kulit yang selalu terlihat lembab, mudah berjerawat serta memiliki pori-pori yang cenderung besar. Kondisi ini dapat berubah tergantung pada beberapa hal seperti stress, kelembaban, hormonal dan pubertas.

Namun tak perlu merasa minder jika anda memiliki jenis kulit ini, karena jenis kulit ini biasanya nampak jauh lebih awet muda.

Kulit jenis ini dapat dirawat dengan beberapa cara:
  • mencuci dan mengeringkan wajah dan tubuh setiap selesai beraktifitas yang mengeluarkan banyak keringat
  • memilih produk perawatan yang bersifat noncomedogenic agar tidak memperparah kemungkinan timbulnya jerawat.
  • gunakan sabun yang lembut dan hindari menggosok wajah dan badan secara berlebihan karena akan merangsang dikeluarkannya kelenjar minyak lebih banyak
  • jangan menutupi wajah dengan bedak yang terlalu tebal karena dapat merangsang timbulnya jerawat
  • jangan memencet jerawat dengan tangan kotor karena dapat menimbulkan infeksi dan peradangan
  • gunakan pelembab ringan dan lotion agar kulit tetap terjaga

2. Kulit Kering
Jenis kulit ini biasanya ditandai dengan kulit yang terasa kasar, jarang timbul jerawat, pori-pori kecil dan mudah berkeriput, mudah terjadi iritasi. Kondisi ini akan semakin parah dengan paparan matahari, stress dan penggunaan kosmetik yang salah dan berlebihan.

Untuk merawatnya perlu dilakukan beberapa hal:
  • gunakan produk pembersih yang ringan dan tidak mengandung alkohol
  • hindari scrubbing atau menggosok secara berlebih pada saat mandi
  • gunakan saat mandi seefektif mungkin karena semakin lama kita terkena air, maka kelembaban alami kulit akan larut sehingga kulit semakin kering
  • hindari paparan matahari berlebih dan ruangan ber AC dalam jangka waktu lama
  • gunakan lotion setiap sesudah mandi dan saat kulit terasa kering

3. Kulit Normal
Kulit normal biasanya jarang memiliki masalah dan semua mendambakan memiliki kulit normal,karena jenis kulit ini mudah dalam perawatan. Namun jika salah merawat,maka jenis kulit ini dapat berubah menjadi kulit berminyak atau pun kering. Tetap gunakan pelembab dan lotion yang sesuai dengan jenis kulit agar kulit terhindar dari masalah kulit.

4. Kulit Sensitif
Jenis kulit ini biasanya ditandai dengan mudahnya mengalami reaksi terhadap suatu jenis produk yang tidak sesuai. Biasanya kulit akan mengalami kemerahan, kadang disertai rasa panas dan gatal terhadap produk-produk tertentu, bahkan ada juga yang mengalami rasa terbakar atau peradangan.

Jika kita memiliki jenis kulit sensitif, maka kita harus bisa mengenali dan menghindari pemicunya agar kulit kita selalu sehat.

Selain itu kita juga perlu merawatnya dengan cara:
  • gunakan produk yang berbahan lembut, tanpa alkohol, pewangi ataupun zat-zat yang dapat memperparah kondisi kulit kita
  • lebih baik gunakan produk-produk yang terbuat dari bahan-bahan alami.
  • jika menggunakan produk yang berbahan dasar kimiawi, selalu gunakan produk yang berlebel hipoallergenic.
Namun yang terpenting jika kita ingin memiliki kukit yang sehat, maka yg harus kita lakukan adalah berprilaku hidup sehat, dengan cara: tidur cukup, penuhi kebutuhan asupan tubuh dengan makan makanan yang bergizi seimbang, minun air putih sebanyak minimal 8 gelas perhari, hindari minum minuman beralkohol dan merokok, serta olah raga yang teratur.
Selamat datang kulit sehat berseri...
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Artikel: Penting Rawat Kulit Kita Sebagai Indra Peraba Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan