728x90 AdSpace

Update
27 Februari 2020

Matematika adalah Seni



suarakuningan - Di era saat ini siapa yang tidak tahu matematika? Dari yang disukai hingga tidak, jawabannya beragam. Saking menariknya Banyak ilmuwan yang membahas matematika dari segi asal usul matematika itu sendiri hingga keuntungan yang didapat dalam mempelajarinya.

Tak dipungkiri ternyata matematika yang selama ini berkaitan dengan hitung menghitung mempunyai fakta yang menarik. Menariknya terlepas benar atau tidaknya banyak penelitian dan survey yang membuktikan bahwa matematika adalah seni.

1. matematika dalam seni suara
Tahukan kita lagu-lagu yang sering kali terdengar ketika kita masih anak-anak? Yes betul, salah satunya adalah lagu balonku ada lima. Yakni liriknya mengandung seni matematika bisa dilihat dari "balonku Ada 5, rupa rupa warnanya, meletus balon hijau, hatiku sangat kacau" 5 disini menunjukkan angka dalam matematika yang juga turut andil dalam isi lirik tersebut. Kemudian ada juga lagu "Aku sayang Ibu", yakni berlirik 1 1 aku sayang ibu, 2 2 aku sayang Ayah, 3 3 sayang adik kakak, 1 2 3 sayang semuanya.

Tidak hanya itu setiap not dalam pembuatan lagu tidak lepas dari angka di setiap lagunya sehingga perpaduan itu tercipta sangat indah yang hingga saat ini kita sebut musik.

2. matematika dalam seni rupa
Nampaknya jagat raya yang Allah SWT ciptakan selalu punya rumus misteri yang berbeda. Bumi berbentuk bulat menandakan bumi seperti angka nol, bangunan bangunan pra sejarah seperti piramid menandakan segitiga, hewan hewan yang ada di sekeliling kita seperti keong yang cangkangnya seperti simbol spiral dan masih banyak lainnya jika kita ungkap satu per satu akan terlihat jelas bahwa matematika itu adalah seni rupa.

Begitulah kiranya Allah SWT memberikan kasih sayangnya dalam keberagaman pada kehidupan kita. Sebelum semuanya ada ternyata Al-Qur'an sudah menjelaskan semua itu, MasyaAllah.
Wallahu'alaam

Penulis: S. Hussein ( Pendongeng AMco, Pengajar di Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam, Alumnus Universitas Swadaya Gunung Jati FKIP Matematika dan Penulis Buku "Antara Impian dan Harapan")

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Matematika adalah Seni Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan