728x90 AdSpace

-->
Update
29 Maret 2020

The Importance of Manners for a Muslim Woman

Karya Aat Nurhayati
Mahasiswi UNISA KUNINGAN
Aktif di inspiring generation dan FSLDK Cirebon Raya

What is manners?
Hmm...

Adab adalah aturan agama sopan santun berdasarkan aturan dalam agama islam. Dalam hal ini bahwa adab ini kita gunakan dalam pergaulan kita sehari hari baik ke teman, saudara, orang tua dll. 

Seorang perempuan di diharuskan untuk mempunyai adab tersebut karena ketika seorang perempuan tidak mempunyai adab tersebut, maka dimanakah letak kehormatan seorang perempuan? 
Karena seseorang ketika mengenal kita maka mereka akan menilai dari adab kita terlebih dahulu bukan pendidikan dll nya.

Ketika mereka menilai adab kita baik, maka semua nya pun bisa mereka nilai dengan baik, tanpa kita harus menjelaskan bahwa kita ini orang baik.

Contohnya adalah ketika seorang akhwat dekat dengan seorang ikhwan, maka si akhwat harus bisa menjaga adab ketika dia berbicara dengan si ikhwan tersebut dengan bahasa yang sopan, lembut dan tidak menyinggung terhadap lawan jenisnya. Karena dibalik cueknya lawan jenis kita mereka pun tanpa kita sadari akan dapat menilai diri kita ini. Misal karena adab kita kurang baik, maka di mata seorang ikhwan ini akan jatuh harga seorang perempuan ini. 

Bahkan mereka bertanya, dimanakah letak harga seorang akhwat jika dia tidak bisa menjaga adab tersebut terhadap lawan jenisnya? Nah ini yang harus menjadi PR kita sebagai muslimah betapa kita harus sebisa mungkin menjaga sopan santun kita terhadap siapa pun itu. Apalagi dengan yang baru kita kenal.

Artikel lain Inspriring Generation: Suara Milenial Kuningan

Tidak masalah ketika seorang muslimah menggunakan bahasa yang aneh aneh jika berbicara dengan lawan jenisnya, namun harus dapat menempatkan diri sesuai dengan porsi nya. Apalagi untuk akhwat ldk itu mereka harus menjadi contoh bagi teman temannya. Bukan karena dianggap sudah baik, tapi di LDK itu mengajarkan kita agar kita harus menjaga adab kita dengan siapa pun itu, terutama dengan lawan jenisnya.

Biasanya lawan jenis kita jika di LDK mereka akan sangat berhati hati terhadap seorang akhwat, sehingga memang tidak aneh jika memang mereka menjaga adab nya terhadap seorang akhwat. Bahkan mereka pun dalam menghubungi seorang akhwat baik itu di sosmed dll akan sangat menjaga bahasa mereka, bahkan jika tidak penting mereka akan sangat canggung menghubungi seorang akhwat. 

Jadi untuk akhwat dimana pun kalian berada, jaga adab dan jaga diri kalian baik baik yaaa
Dimana pun, kapan pun dan dengan siapa pun itu
Jangan sampai harga seorang akhwat ini jatoh dihadapan lawan jenis kita, karena sikap kita yang kurang baik terhadap mereka.
Jadilah seorang akhwat dipandang baik oleh siapa pun itu.
Dan jadilah akhwat yang bisa menjaga diri baik baik
"Sebaik baiknya perempuan adalah dia yang dapat menjaga harga diri dan martabat seorang perempuan di hadapan lawan jenisnya~ Aat Nurhayati"

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: The Importance of Manners for a Muslim Woman Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan