728x90 AdSpace

Update
3 Oktober 2020

Hanjuang: Olahan Tomat Rasa Kurma dari Sagarahiang

Ketika Panen Bagus dan Melimpah, Tapi Tak Ada Harganya

suarakuningan.com - Merasa prihatin karena banyaknya tomat yang tidak terserap oleh pasar, Ukad (50 tahun), petani di Sagarahiang Kec. Darma Kab. Kuningan, mengolah buah tomat menjadi makanan unik yang mirip dengan kurma. Makanan itu dinamai Ukad sebagai Hanjuang.


“Sebetulnya ide ini berawal dari keprihatinan kami karena tomat-tomat yang dihasilkan petani disini banyak yang mubadzir karena stok melimpah namun sulit masuk ke pasar,” kata Ukad kepada Redaksi Suara Kuningan.


“Apalagi sekarang lagi musim pailit, kita harus kreatif. Jadi saya memanfaatkan stok tomat yang banyak disini untuk diolah menjadi manisan. Sebetulnya banyak juga di luaran tapi mungkin belum banyak dikenal oleh orang,” lanjut Ukad.


Tidak hanya dari bentuknya yang sama-sama lonjong-silinder dan memanjang, hanjuang juga memiliki warna yang sama dengan kurma, yaitu cokelat kemerahan. Sama dengan kurma, tekstur hanjuang juga cenderung kenyal, dan rasanya manis.


Ukad juga menambahkan, “rasa manis dan warnanya yang cokelat kemerah-merahan ini memang sekilas membuat olahan buah tomat ini seperti buah kurma. Apalagi kalau bentuknya dibuat lonjong dan panjang, maka akan semakin mirip dengan kurma.”


Semoga saja kreasi yang dikembangkan oleh masyarakat petani seperti ini mendapat perhatian dari dinas-dinas terkait agar bisa dikembangkan dan dijadikan sebagai solusi lain bagi pengembangan bidang pertanian di Kabupaten Kuningan.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Hanjuang: Olahan Tomat Rasa Kurma dari Sagarahiang Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan