Hot News
29 Januari 2022

SMK Auto Matsuda Adakan Pelatihan Pendidikan Profesi Guru

sumber: doc pribadi



x












suarakuningan.com - Guru-guru SMK Auto Matsuda mengikuti pelatihan  pendidikan profesi guru dalam rangka meningkatkan kompetensi dan persiapan pelaksanaan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) di tahun 2022. 

Kegiatan yang bertema, “Mencetak Pendidik yang Unggul dalam menghadapi  Program PPG” berlangsung via luring dan daring di Kantor Pusat Yayasan Raihan MATSUDA Jakarta, pada Sabtu(29/1/). Pemateri kegiatan pelatihan  adalah Ketua PPG LP3 Universitas Negeri Jakarta yakni Dr. Daryanto, M.T, Acara dipandu langsung oleh Dr. Didi Suprijadi, S.T.

Abdul Muhyi, Kepala SMK Auto Matsuda mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk menambah pengetahuan dan strategi dalam  PPG. Tentunya dengan bimbingan dari para pakar sehingga para guru bisa mengikuti program PPG tahun 2022.

“Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidik di SMK Auto MATSUDA, kami pihak sekolah berupaya menghadirkan pelatihan ini supaya para guru dapat bersertifikasi”Ungkap Abdul Muhyi, S.HI., M.A

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala SMK Auto Matsuda Dalam arahannya disampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting diikuti oleh semua guru, khususnya yang akan mengikuti program PPG. Banyak ilmu dan pengetahuan yang kita dapatkan, khususnya tentang trik-trik supaya dapat lolos dalam kegiatan PPG."

“Banyak hal yang harus kami pelajari tentang PPG. Terima kasih bapak pemateri yang telah meluangkan waktu dan kesempatannya berbagi ilmu. ”pungkasnya seraya berharap tahun 2022 banyak guru-guru SMK Auto Matsuda yang dapat mengikuti PPG.

Dr. Daryanto, M.T selaku narasumber menyatakan bahwa PPG merupakan program yang sangat penting dalam membentuk guru profesional. Guru profesional adalah guru yang menguasai materi ajar, berkarakter dan berkepribadian Indonesia, menginspirasi dan menjadi teladan, memiliki penampilan mempesona, berwibawa, tegas, ikhlas, dan disiplin yang mampu mendidik, membelajarkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi informasi.

Dirinya menambahkan bahwa capaian pembelajaran lulusan PPG adalah mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik, mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran, menguasai materi ajar, mampu merancang pembelajaran, mampu melaksanakan pembelajaran, mampu mengevaluasi masukan dan hasil pembelajaran, dan mengembangkan diri secara berlanjutan.

Dr. Daryanto, M.T melanjutkan bahwa para guru sekarang memang dituntut untuk mengambil program profesi guru.

Kalau mau jadi guru harus ikut program profesi. PPG ini adalah mahkotanya jalur keguruan dan ilmu pendidikan. Program ini akan terus ada dan berlanjut, hanya konten dan impementasinya nanti yang akan disesuaikan.

“Guru merupakan profesi yang sangat mulia. Berbekal pengetahuan masa lalu. Melaksanakan tugas pada masa sekarang dan menyiapkan lulusan yang berkompeten dan berkarakter pada masa mendatang.” Demikian ujarnya.(humas/red)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: SMK Auto Matsuda Adakan Pelatihan Pendidikan Profesi Guru Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan