Hot News
9 Maret 2022

Satuan Reskrim Polres Kuningan Berhasil Tangkap 3 (tiga) Pelaku Kejahatan Ganjal ATM Rest Area Cirendang

 Kapolres Dhany: "Hati-hati saat menggunakan ATM"



suarakuningan.com - Kapolres Kuningan AKBP Dhany AryandA, S.IK. menuturkan  3 (pelaku) masing masing dengan inisial ;  MP (37 th), YK (35 th), AW (43 th), dan 2 (dua) pelakunya lain masih dalam pengejaran petugas (DPO) pelaku diamankan bermula saat gerak geriknya yang mencurigakan di gerai ATM Rest Area Cirendang Kab. Kuningan oleh petugas yang dibantu Satpam.

Saat digeledah ditemukan beberapa ATM berbagai jenis dan hasil interogasi mengaku  pelaku ganjal mesin ATM, beberapa ATM diwilayah Kab. kuningan.

Modus pelaku yaitu nunggu dan mengamati disekitar gerai ATM, setelah ada korban yang tidak bisa menggunakan kartu ATM/tertelan datang pelaku menghampiri seolah memberi  arahkan supaya telpon Call Center yang sengaja ditempel pelaku kemudian korban yang tersambung dimintai sebutkan Pin ATM nya yang macet/tertelan. 

Setelah korban meninggalkan ATM pelaku langsung membongkar ATM dan mengambil ATM korban yang tertelan selanjutnya Pelaku mengambil uang dengan menggunakan Pin yg sudah didapatkan ke gerai ATM yang berbeda kemudian korban setelah cek,  konfirmasi ke Bank saldonya telah hilang masing masing untuk korban AG (55 th) sebesar Rp. 50.000.000,- dan korban AR (48 th) sebesar Rp. 2.850.000,- ke Penyidik Sat Reskrim Polres Kuningan.

Kapolres Kuningan AKBP Dhany mengatakan, dari para pelaku berhasil disita barang bukti berupa. ; 

*   1.  Unit kendaraan roda 4 (empat) toyota Avanza waran abu Metalik No. Pol ;  B 1085 TOA.   

*  1. Unit Sp. Motor Beat biru No.Pol ; E 4955 IL

* 1 unit sp motor Honda Vario No.Pol ; E 2807 ZN

* 14 buah kartu ATM BJB

* 10 ATM BRI

* 4 ATM BNI

* 3 buah potongan kecil plastik mika

* 2 kartu layanan ATM 24 jam bank mandiri palsu.

* 2 kartu layanan ATM 24 jam bank BJB palsu.

* 2 kartu layanan ATM 24 jam bank BNI palsu.

* 2 kartu layanan Link 24 jam palsu.

* 2 buah obeng.

* 3 buah lem korea.

* uang tunai Rp 4.250.000,-

* 1 cater kecil.

* 1 buah potongan gergaji besi.

* 2 unit hp samsung.

* 2 unit hp Nokia.

* 1 buah stiker BJB Call 14049.

* 1 buah jam tangan Alexander Christie.


Dalam melakukan perbuatannya di gerai ATM Bank BJB Depan Universitas Kuningan berhasil menggasak uang Rp. 50.000.000,- dan di gerai ATM bank BRI Pom Bensin Haurduni Kec./ Kab. Kuningan Rp 2.850.000,-

AKBP Dhany Aryanda, S.IK, berpesan kepada warga masyarakat khususnya warga Kuningan agar berhati-hati dan waspada saat menggunakan ATM bila tertelan atau macet dimesin ATM

Kapolres Kuningan menghimbau, "jangan pernah memberikan nomer Pin ATM baik kepada orang lain dan tidak kita kenal ataupun melalui telepon dgn dalih disuruh telpon ke layanan Call Center dan minta pin ATM"   

“dan bila ada masyarakat merasa jadi korban dengan modus serupa agar melapor ke Pihak Kepolisian Resort Kuningan," ujar Kapolres Kuningan AKBP Dhany Aryanda, S.IK."

Hadir dalam giat konpres,  Kapolres Kuningan AKBP Dhany Aryanda, S.IK, didampingi, Kasat Reskrim AKP Muhammad Hafid Firmansyah, S.IK, M.A, Kasi Humas IPTU Sukarno, SE.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Satuan Reskrim Polres Kuningan Berhasil Tangkap 3 (tiga) Pelaku Kejahatan Ganjal ATM Rest Area Cirendang Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan