Hot News
24 April 2022

Angkatan Kerja Kuningan Perlu Digenjot Peningkatan Kualitas untuk Penyerapan Tenaga Kerja

 
suarakuningan.com - Diskusi atau dialog terkait ketenagakerjaan, bertajuk Peluang dan Tantangan Angkatan Kerja Menyongsong Era 5.0, digelar oleh Badan Buruh dan Pekerja Pemuda Pancasila Kuningan di Kopi Lendot Mang Elon yang berada di Jalan Jalaksana, Minggu (24/04/2022) sore. 

Diskusi menghadirkan beberapa narasumber yakni Harnida Darius, SH (Ketua MPC Pemuda Pancasila Kuningan) , Dr. Elon Carlan, M.Pd (Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kuningan), Apif Firmansyah, S.Sy (Anggota DPRD Kuningan) dan Hj. Heni Susilawati, S.Sos.,MM

Sejumlah isu dan alternatif kebijakan serta rekomendasi terkait ketenagakerjaan di Kabupaten Kuningan, dibahas dalam forum diskusi tersebut. Sementara tujuan dari diskusi tersebut, adalah untuk memberikan masukan dan pilihan-pilihan kebijakan atau rekomendasi kebijakan kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan terkait dengan kerja layak dan upaya peningkatan kualitas angkatan kerja, perluasan lapangan kerja agar tercipta kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kuningan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, sejumlah perwakilan dari organisasi kepemudaan terkait, organisasi masyarakat sipil atau lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan akademisi.

Lutfy Maulana selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa diskusi ini di gagas oleh Badan Buruh untuk memikirkan Kemajuan Kuningan.

"Kami mengucapkan terimakasih atas kehadiran para narasumber dan peserta semoga kegiatan ini dapat memberikan masukan untuk Pemerintah dalam menyiapkan angkatan kerja," ungkap Lutfy

Elon Carlan mengatakan bahwa Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kuningan sudah berupaya untuk meningkatkan angkatan kerja dengan membangun komunikasi dan kolaborasi dengan beberapa Perusahaan swasta dan luar pemerintah.

"Kami sudah berupaya menyiapkan calon angkatan kerja dengan melakukan kerjasama dengan Perusahaan dan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Barat dalam rangka menyiapkan untuk Lapangan Kerja," ujar Elon . 

Apif Firmasyah menyatakan bahwa di Kuningan belum ada singkronisasi di setiap dinas dalam menyiapkan angkatan kerja.

"Saya melihat bahwa di Kuningan selama ini belum mampu untuk bersinergi di antara SKPD untuk menyiapkan angkatan kerja yang mampu melihat peluang yang ada" Ungkap Apif yang merupakan Anggota DPRD Kuningan.

Harnida Darius mengapreasiasi kegiatan yang sudah di gagas oleh Badan Buruh.

" Atas nama Ketua MPC Pemuda Pancasila Kab Kuningan mengucapkan banyak terimakasih yang sudah melakukan diskusi yang penting ini. Saya berharap angkatan kerja Kuningan jangan sampai kalah oleh Robot. Saya berharap diskusi ini dapat memberikan masukan untuk Pemerintah Daerah Kab Kuningan," ujar Harnida Darius.

Heni Susilawati mengatakan bahwa angkatan kerja perlu di bekali dengan soft skil selain dari hard skilnya.

"Angkatan kerja Kuningan harus dibekali oleh Soft Skil dan Integritas seperti Kejujuran, Tanggung jawab dan Kepribadian. Sehingga kedepan sudah siap ketika ada peluang-peluang pekerjaan" Ujar Heni Susilawati yang juga Dosen Universitas Kuningan.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Angkatan Kerja Kuningan Perlu Digenjot Peningkatan Kualitas untuk Penyerapan Tenaga Kerja Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan