Hot News
30 Mei 2022

Menyambut Cahaya (02) : Hati yang Bening adalah Sumber Kebahagiaan


Tulisan sebelumnya: Menyambut Cahaya (01)


Eli Solihati

Pengajar SDIT Riyadlul Huda - Kuningan


Karena hati di ciptakan hanya satu, lalu jika kebeningan telah memenuhi ruang hati, maka tidak ada peluang bagi rasa yang lain untuk bersemayam.

Itulah kata2 para Guru yang sering di sampaikan. Namun ternyata sulit dalam pelaksanaan, butuh latihan2 yang terus menerus juga nasihat yang selalu mengarahkan. Karena memang kecenderungan hawa itu ada pada kesenangan, maka untuk  membuat hati menjadi takluk dalam kehendak Robbi adalah penting selalu dalam pantauan. 

Menurut hadis Nabi salah satu yang mempengaruhi untuk membuat hati yang bening adalah Halal. Kenapa halal?  ya itu pasti karena segala sesuatu yang kita konsumsi itu akan menjadi darah yang mengalir di tubuh ini, darah yang bisa mempengaruhi gerak hati. Halal adalah keharusan, bahkan bukan hanya pada makanan, tapi segala yang kita pakai dan kita sukai haruslah berpedoman pada kehalalan. Lha memang apa korelasi antara apa yang kita sukai adalah harus yang Halal? Tentu ada alasannya seperti yang di terangkan dlm sebuah kitab para Ulama


من ترك الذنوب رقّ قلبه ومن ترك الحرام واكل الحلال صفّت فكرته


"Barang siapa yang meninggalkan dosa maka lembut hatinya, dan barang siapa yang meninggalkan haram dan makan yang halal maka bersih fikirnya." ( Nashoihul ibad)

Dari sini jelas sekali bahwa meninggalkan dosa, menjauhi haram dan menjaga kehalalan itu akan menyebabkan kelembutan hati, bening dan bersih fikiran, dengan begitu segala sesuatu yang bergulir dalam pikiran ini adalah hal2 yang positif, dan hal itu akan berbuah karya yang produktif, karena hati aman dari galau ( teu paruguh/ bhs sunda), jadi lebih mudah untuk fokus dan memprioritaskan Alloh sebagai tujuan hidupnya. 

Dengan hati yang jernih segala sesuatu yang datang akan bisa di sikapi dengan lebih bijak, dan itu pasti akan menguntungkan, karena melihat semua persoalan dari sudut pandang yang positif. Hal positif juga akan punya dampak yang baik untuk lingkungan dan orang2 di sekitar kita, baik dalam lingkup keluarga,  pekerjaan, pertemanan, apalagi jika dalam majelis2 mulia yang kita ada di dalamnya. MasyaaAlloh ...indah sekali jika kita bisa, dan semoga bisa....

Bersama para Guru, sahabat dan rekan...dan yang pasti Tujuan Ahirnya adalah keRidloan Alloh....aamiin


والله اعلم....

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Menyambut Cahaya (02) : Hati yang Bening adalah Sumber Kebahagiaan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan