Silaturahmi dan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Didi Irawadi Diapresiasi Sesepuh



suarakuningan.com – H. Didi Irawadi Syamsudin, S.H., LL.M (Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Demokrat) mengadakan silaturahmi dan sosialisasi 4 ( empat) Pilar Kebangsaan. Bertempat di Desa Cikadu Kecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan dihadiri para tokoh masyarakat, Muspika, juga sesepuh dari PWRI dan Dewan Pendidikan.


Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana kegiatan 4, KH. Ahmad Syafei menyampaikan,”Sebagaimana fungsi dan kewajiban Anggota DPR haruslah dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab untuk kepentingan bangsa Indonesia. Dalam upaya memperhatikan dan memelihara kerukunan nasional dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu kiranya seorang Anggota DPR menyapa, bersilaturrahmi langsung dengan masyarakat melalui forum kajian, forum silaturahmi maupun forum sosialisasi.”

baca juga:

Berkat NGOPI Bareng Anggota DPR RI Didi Irawadi, Masyarakat Makin Terakomodir Aspirasi

“Kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dinilai penting karena DPR/MPR menilai masih banyak penyelenggara negara dan kelompok masyarakat yang belum memahami dan mengerti tentang nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Tanpa gerakan nasional pemasyarakatan dan pembudayaan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, esksistensi dan peranannya dari waktu ke waktu akan memudar,” ujar KH Ahmad Syafei yang juga pengasuh Yayasan Pondok Pesantren  Al Malikul Karimah Dusun Pahing Desa Cikadu ini.


“Kemudian pada gilirannya akan mempengaruhi penyelenggaraan Negara. DPR/MPR sebagai lembaga negara terus berusaha menghidupkan kembali nilai-nilai perjuangan dan rasa nasionalisme sesuai semangat proklamasi kemerdekaan RI tahun 1945. Empat pilar kebangsaan adalah tiang penyangga yang kokoh (soko guru) agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana,” lanjutnya.

Anggota DPR RI Didi Irawadi Naksir Potensi Wisata dan Perkebunan Kopi Kuningan

Dalam paparannya, H. Didi Irawadi Syamsudin, S.H., LL.M mengatakan bahwa Pilar adalah tiang penyangga suatu bangunan agar bisa berdiri secara kokoh. Bila tiang rapuh maka bangunan akan mudah roboh. Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat. Dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat.


4 Pilar Kebangsaan penting dipahami dan ditanamkan pada seluruh generasi bangsa Indonesia, agar kehidupan bangsa Indonesia semakin kokoh, serta masyarakat bisa memahami dan melaksanakan Pancasila, juga secara konsekuen menjaga sendi-sendi utama lainnya, yakni UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.


Tujuan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan; 1) Pemilihan nilai-nilai empat pilar adalah untuk mengingatkan kembali kepada seluruh komponen bangsa agar pelaksanaan dan penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara terus dijalankan. Dengan tetap mengacu kepada tujuan negara yang dicita-citakan, serta bersatu padu mengisi pembangunan agar bangsa Indonesia lebih maju dan sejahtera.; 2). Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini menjadi penting karena ada tanggungjawab kita bersama untuk membentengi masyarakat kita dengan nilai-nilai Pancasila yang diwariskan oleh para pendiri bangsa, dan 3). untuk menggali nilai-nilai yang terkandung dalam Empat Pilar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara agar dapat dipahami secara utuh, menyeluruh dan berkelanjutan. Kegiatan ini nantinya diharapkan bisa menjadi dasar dalam mewujudkan visi dan misi Indonesia ke depan lebih maju dan bermartabat.


Dalam sesi silaturahmi dan dialog, Ketua PWRI Kabupaten Kuningan Drs.Murdji Almurjaman mengungkapkan apresiasi kegiatan sosialisasi 4 Pilar ini. “Sosialisasi ini sebagai kebutuhan Bangsa Indonesia, kami sangat mengapresiasi. Kami sebagai orangtua merasa bangga dengan kegiatan-kegiatan yang menumbuhkan jiwa kebangsaan dan diharapkan betul-betul meresap ke sanubari Bangsa Indonesia. Sehingga, Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika dan semoga menjadi manfaat bagi nusa dan bangsa.”


Dengan keterbatasan waktu dan jadwal Silaturahmi dan Sosialisasi 4 (empat) Pilar Kebangsaan ini memunculkan harapan dan ide untuk memperluas ruang komunikasi antara anggota DPR RI dan masyarakat, KH. Ahmad Syafei mengusulkan adanya kegiatan rutin untuk berkomunikasi, hal ini disambut baik H. Didi Irawadi Syamsudin, S.H., LL.M dan muncul gagasan Ngopi (Ngobrol Pintar) dengan format diskusi santai mencerdaskan menyenangkan bersama H.Didi Irawadi Syamsuddin SH LLM Anggota DPR RI Komisi XI Fraksi partai Demokrat dan direncanakan rutin di pesantren Al-malikul Karimah Cikadu.


Secara khusus harapan KH Ahmad Syafei NGOPI ini juga menjadi sarana implementasi 4 Pilar Kebangsaan secara wujud nyata yang dirasakan oleh masyarakat.(red)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Silaturahmi dan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Didi Irawadi Diapresiasi Sesepuh"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.