Kampus Mengajar batch 4 Ajang Koordinasi Dinas Pendidikan, Sekolah Mengajar dan Dosen Pembimbing Lapangan



Ika Candra Destiyanti 


Giat kampus mengajar  Batch 4 SMPN 2 Japara, Kuningan Jawa  Barat dimulai tanggal  29 Juli 2022 dibuka melalui komunikasi Koordinator DPL dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan yang akhirnya mencapai kesepakatan untuk pelepasan “Kampus Mengajar Batch 4” di Universitas Kuningan. Acara “Kampus Mengajar batch 4” dilepas Kabid SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Kuningan, Abidin, M.Si yang dihadiri oleh 25 Dosen Pembimbing Lapangan dan sekitar 130 mahasiswa “Kampus Mengajar batch ke 4”.

Kampus Mengajar adalah Program pemerintah yang bertujuan  untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan bagi mahasiswa untuk membantu sekoah dan guru dalam proses pembelajaran, membantu adaptasi teknologi dan membantu managerial sekolah. Ketrampilan yang ingin dibentuk di “Kampus Mengajar batch 4” adalah agar mahasiswa lebih trampil dalam bidang pedagogi sekolah, Pembelajaran jarak jauh, Pembelajaran Literasi Numerasi, Penerapan Inovasi Pembelajaran, Asesmen dan pemetaan sekolah. Sedangkan softskill yang ingin dicapai adalah dalam bidang Design Thinking, Facilitating Skills, Growth Mindset, Komunikasi dan Kearifan lokal. 

Dosen Pembimbing Lapangan, Ika Candra Destiyanti dari Universitas Islam Al Ihya yang  membimbing  6 Mahasiswa Kampus mengajar dari Universitas Kuningan dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan Mulai memulai kegiatan awal kampus mengajar Senin tanggal 1 Agustus 2022 dengan melakukan komunikasi dan koordinasi dengan kepala sekolah dan Wakil Kepala sekolah Bidang Kurikulum terkait penugasan mahasiswa kampus merdeka mulai dari 1 agustus 2022 hingga 5 Desember 2022. Kepada 6 Mahasiswa diarahkan untuk melakukan praobservasi ke unsur pendidik dan tenaga kependidikan, Siswa dan orangtua,  perangkat pembelajaran, Komite Sekolah, dan Stake Holder Sekolah. 

Mahasiswa kampus Mengajar batch ke 4 yaitu Monika Lisyani, Nazmi Fathonah, Nabila Latifatun Nisa, Fadly Ahad Fakhrezy, Milda H N Al Zamzamy, Faqih Sholehudien berkomitmen siap mengabdi untuk negri dan selama rentan waktu penugasan kampus mengajar siap berkontribusi untuk pendidian yang berintergrasi sehingga dapat diimplementasikan pendidikan karakter kedalam proses belajar mengajar. Solusi yang ditawarkan adalah melalui metode pembelajaran yang aktif dan peduli seperti pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Project Based Learning.

Ika Candra selaku Dosen Pembimbing lapangan mengharapkan penugasan kampus mengajar batch 4 dapat berjalan dengan lancar, menjalankan tugas mengajar sesuai dengan program yang telah dipersiapkan selama praobservasi. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kampus Mengajar batch 4 Ajang Koordinasi Dinas Pendidikan, Sekolah Mengajar dan Dosen Pembimbing Lapangan"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.