Hot News
9 Oktober 2022

PKBM Bangkit Mandiri Raih Tropi Tingkat Kabupaten



suarakuningan.com - PKBM Bangkit Mandiri meraih tropi dalam Lomba Video Pembelajaran Antartutor Tingkat Kabupaten. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Bidang PAUD-DIKMAS yang berkerja sama dengan Forum Komunikasi PKBM Kabupaten Kuningan.

Tujuan diselenggarakan kompetisi ini yaitu sebagai upaya meningkatkan kompetensi para tutor di pendidikan kesetaraan. Pembelajaran inovatif dapat menciptakan suasana belajar menyenangkan serta dapat meningkatkan motivasi belajar pada warga belajar. Maka lewat kompetisi Lomba Video Pembelajaran diharapkan setiap tutor dari berbagai PKBM dapat melaksanakan pembelajaran yang inovatif.

Lomba video pembelajaran merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Kemah Bakti yang berlokasi di Bumi Perkemahan Desa Dukuhdalem Kecamatan Ciawigebang, Jumat-Minggu (07-09/10/2022). Selain lomba video pembelajaran, panitia juga menggelar lomba karoke, lomba cerdas cermat, lomba pameran produk UMKM, dan jalan santai.

Lomba video pembelajaran dilaksanakan dengan beberapa tahapan: dari mulai tahap penerimaan formulir pendaftaran, tahap pengumpulan RPP dan video pembelajaran, tahap penilaian, sampai tahap pengumuman kejuaraan. Adapun pengumuman kejuaraan dilaksanakan usai upacara penutupan kemah bakti yang ditutup oleh Danu Nugraha, SE., M.Si. selaku Kabid PAUD-DIMKAS Kabupaten Kuningan, Minggu (09/10/2022).

Dalam amanatnya, Danu mengatakan bahwa pendidikan kesetaraan pada prinsipnya sama layaknya pendidikan formal. Ia juga memotivasi semua warga belajar yang menjadi peserta kemah untuk tetap semangat mengikuti proses pembelajaran.

“Proses pembelajaran di pendidikan kesetaraan sama seperti pendidikan formal, tidak ada perbedaan. Maka dari itu, tetap semangat dalam belajar agar masa depan lebih baik”, ungkapnya saat menjadi pembina upacara penutupan Kemah Bakti.

Usai upacara penutupan dilanjutkan ke acara pengumuman berbagai perlombaan. Dalam kompetisi lomba video pembelajaran, juara 3 diraih oleh PKBM Khaoirunnisa, juara 2 diraih oleh PKBM Berkah Budi Mulia, sementara juara 1 diraih oleh PKBM Bangkit Mandiri atas nama Ahmad Asikin, S,Pd.

Iyan Ahmad Suryaman selaku Ketua PKBM Bangkit Mandiri mengaku senang dan bangga ketika mendengar lembaga yang dipimpinnya meraih juara pertama. 

“Saya tentu bangga ketika tutor di lembaga kami meraih kejuaraan, apalagi meraih juara 1. Bagi saya kejuaraan ini dapat dijadikan sebagai tolak ukur bahwa walaupun PKBM Bangkit Mandiri bisa sejajar dengan PKBM yang sudah lama berjalan”, ungkapnya saat diwawanacara usai pengumuman kejuaraan.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: PKBM Bangkit Mandiri Raih Tropi Tingkat Kabupaten Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan