Porsenitas-Kunci Bersama akan Diselenggarakan Awal November di Pangandaran



suarakuningan.com - Pekan Olahraga  dan Seni Wilayah Perbatasan (Porsenitas) ke-IX,  akan berlangsung di Kabupaten Pangandaran, pada awal November 2022. Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  dan Kepala Bagian (Kabag) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan, official dan jajaran panitia merapatkan barisan untuk persiapan dan pelaksanaannya.

“Kami minta seluruh OPD  menjadi manajer masing-masing cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan nanti. Para manajer tersebut memiliki kewajiban untuk menangani serta memfasilitasi kepentingan para atlet yang akan mengikuti pertandingan maupun perlombaan pada kegiatan Porsenitas. Sedangkan para camat  hadir pada saatnya nanti untuk mengikuti defile,” kata penanggung jawab kegiatan, Sekda H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si belum lama ini, pada acara rapat persiapan Porsenitas, Jum’at (28/10/2022). 

Untuk itu, Porsenitas yang sempat tertunda beberapa waktu lalu, kini akan digelar kembali. Apalagi Bupati Kuningan H. Acep Purnama dikukuhkan sebagai Ketua Kuncibersama. Maka dari itu, kegiatan tersebut harus sukses dengan dukungan berbagai pihak. Dan pulang menjadi terbaik. 

Ia menyebutkan,  sebanyak 9 kabupaten/kota yang tergabung dalam Kunci Bersama akan mengikuti Porsenitas. Terdiri dari Kabupaten Kuningan, Kabupaten/Kota Cirebon, Majalengka, Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Cilacap dan Brebes Provinsi Jawa Tengah.

“Porsenitas  ini merupakan bagian dari kegiatan Kuningan Summit (program kerja sama pembangunan wilayah perbatasan) Jabar dan Jateng yang digagas pada 2011. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan tali silaturahmi antar sesama anggota Kunci Bersama, dalam rangka menjalin kemitraan dengan berbagai program pembangunan,” katanya. 

Dalam pelaksanaannya, ia mengatakan, para manajer agar memastikan segala hal untuk para atlet mulai pemberangkatan, jadwal pertandingan, pelaksanaan hingga pulang. Dan  panitia  agar memperhatikan gelaran pentas seni, informasi akan ada Pesta Dadung dan ada stand  menampilan produk-produk unggulan Kuningan,”ungkapnya.

Sekretaris Kontingen Asep Ismanto, S.Pd menyebutkan, cabang olahraga yang dipertandingkan terdiri dari 7 cabor olahraga dan 2 cabor tradisional. Yakni bulutangkis, catur, tenis lapangan, tenis meja, balap sepeda, dayung tradisional, bola voli pantai, hadang (daluan)  dan tarumpah (bakiak) panjang. Kegiatan ini dimeriahkan juga pameran Dekranasda dan gelaran seni saat karnaval pembukaan.

Kemudian untuk peserta Porsenitas, terdiri dari PNS, CPNS dan PPK pada seluruh OPD/badan/unit kerja di lingkungan pemerintah kabupaten/kota yang tergabung dalam Badan Kerja Antar Daerah (BKAD) Kunci Bersama di wilayah perbatasan Provinsi Jabar dan Jateng. “Bagi para pemenang akan mendapat medali kejuaraan dan maskot, yang diberikan kepada setiap atlet,” ujarnya.

Ia menyebutkan, pelepasan kontingen akan dilakukan pada Senin, 31 Oktober 2022 usai apel pagi di Halaman Setda. Pertandingan dimulai 2 November, untuk malamnya dilakukan pembukaan. (IKP/DISKOMINFO)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Porsenitas-Kunci Bersama akan Diselenggarakan Awal November di Pangandaran"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.