Hot News
21 Februari 2024

Pj bupati Kuningan Rd Iip “Bingah” Teater Istunnink SMA Garawangi Pentaskan Drama Sunda di Hari Bahasa Ibu Internasional



Suarakuningan.com - Pj Bupati Kuningan Rd Iip "Bingah" Teater Istunink SMA Garawangi Pentaskan Drama Sunda di Hari Bahasa Ibu Internasional

Suarakuningan.com - Dalam rangka memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional, Teater Istunink SMA Garawangi mengadakan pementasan drama Sunda “SAMI Ngadenge Tapi Teu Ngadenge” di Gedung Kesenian Raksawacana pada hari Rabu (21/2) malam. Pertunjukan ini dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Kuningan, Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat, M.Pd., Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Rio Anto Permana, Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan Drs. Dodo Suwondo dan para undangan.

Gelak tawa penonton yang memadati Gedung Kesenian Raksa Wacana kerap terdengar selama pementasan drama Teater Istunnink. Terlebih saat babak “Mobile Legend” dengan tampilnya Gatotkaca yang jaim digombali Lunox yang kelewat centil.

Pj Bupati Kuningan Rd Iip menyampaikan, “acara anu digagas ku murangkalih teh kalintang sae na margi dina raraga ngajaga basa indung. Pan bibit puseke seler urang mah Urang Sunda. Janten nalika barudak ieu gaduh kreasi kreatip pikeun ngayakeun pamidangan dina acara wengi ieu kalintang bingahna kanggo abdi. Naon margina? Margina barudak bener netelakeun ngajaga ngarawat basa indung. Abdi ngaparesiasi pisan, ku dongkapna ka dieu ngahormatan ngaapresiasi murangkalih.”

Rd. Iip yang merupakan penyuka budaya ini juga berpesan, “ari rumasa urang urang sunda mah nya, Jawa Barat, ulah nepi ka poho ka bibit puseke seler. Jadi dina sadidinten mun tiasa make basa sunda langkung utami.Pokona tong sampe keleungit teuing kana basa na dina sapopoena. Ieu barudak (nu mentas) tos jarago midangkeun dina pasamoan ieu. Saur abdi mah hebat.”



Kepala Sekolah SMA 1 Garawangi Indra Gunawan Setiawan SSi menyampaikan pementasan ini merupakan sumbangsih kiprah SMA Garawangi untuk memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional. 

“SMA Garawangi yang memiliki visi Berkilau (Berprestasi, Berjiwa Wirausaha, Peduli pada Lingkungan, dan Berakhlak Mulia). Melalui pementasan ini salah satu upaya kami mendorong kreativitas siswa dalam membangun karakter dan jiwa wirausaha dan cinta budaya. Tugas kami memfasilitasi, mensupport kemudian mendorong mereka dan memberikan porsi anggaran. Pemerintah melalui kemedikbud betul betul sangat fokus dalam pengembangan karakter siswa. Oleh karena itu disemua ekstrakulikuler kami memberika proporsi agar setiap ekskul itu berkembang,” ujarnya.

Indra menambahkan,” dalam memperingati hari bahasa ibu internasional, Teater Istunnink mengadakan pementasan drama bahasa sunda, sebagai pengingat bahwa ciri entitas sebuah bangsa adalah bahasa dan budayanya. Anak-anak muda harus menjaga ciri entitas bangsa. Dan kegiatan ini merupakan salah satu upaya kami dalam menjaga kelestarian budaya Indonesia dalam hal ini budaya sunda sehingga makin diminati. Dengan adanya berbagai Platform digital, kita bisa makin mengenalkan bahasa dan budaya kita ke seluruh dunia.”



Tentang Hari Bahasa Ibu Internasional

Hari Bahasa Ibu Internasional diperingati setiap tanggal 21 Februari. Hari ini bertujuan untuk mempromosikan keragaman bahasa dan budaya di seluruh dunia.

Pada tahun 2024, tema Hari Bahasa Ibu Internasional adalah "Pendidikan Multibahasa untuk Masa Depan yang Berkelanjutan". Tema ini menekankan pentingnya pendidikan multibahasa dalam mencapai pembangunan berkelanjutan..(red)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Pj bupati Kuningan Rd Iip “Bingah” Teater Istunnink SMA Garawangi Pentaskan Drama Sunda di Hari Bahasa Ibu Internasional Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan