KPP #4 - ( Permata Terindah )

Seri Tulisan Kerinduan Para Perindu (KPP) Sebelumnya: Kerinduan Para Pecinta ( Meraih Cinta Sejati )

Siapa yang senang dengan keindahan Permata?  Kebanyakan orang pasti menyukai kilau keindahan Permata, apalagi bagi kaum hawa, karena selain indah juga mahal harganya. 

Namun untuk mendapatkan permata  itu ternyata para penambang berupaya keras, menggali cadas menembus ratusan meter ke dalam bumi, memilahnya dari bebatuan, mencarinya dengan penuh ketelitian demi mendapatkan Permata yang indah dan  mahal. Itulah perjuangan yang di lalui para pencari kilau berharga yang di sebut Permata.

Namun tahukah kawan sebenarnya kita tlah di bekali Permata yang paling indah tanpa harus membelinya, apalagi mencarinya susah payah, kita hanya di haruskan menjaganya, sepenuh kalbu, sekuat jiwa....

Lalu mana Permata itu?

اربعة جواهر فى جسم بنى ادم

يزيلها اربعة اشياء ، امّاالجواهر فالعقل والدّين والحياء والعمل الصّالح...

"Ada empat Permata berharga dalam diri manusia, yang bisa hilang (oleh 4 hal).  

Permata itu adalah Akal, Agama (iman) , rasa malu dan amal sholeh"

( Nashoihul ibad)

Kilau keindahan dan ke elokan manusia ada dalam 4 hal, Akal,  Agama(Iman) rasa malu dan amal baik. Dengan empat Permata ini, manusia bisa mendapatkan kemuliaan yang tinggi, jika menjaganya dengan sebaik baiknya. 

Akal akan hilang jika marah, seperti hilang rasa manis dari madu karena setitik jadam. Agama( iman) akan hilang dengan hasud,seperti kayu yang habis di lalap api. Rasa malu akan hilang dengan berharap kepada manusia. Dan amal baik akan hilang dengan bergunjing.

Seindah apapun bentuk rupawan, tidak akan berharga jika tanpa Akal. Sehebat apapun karya, jika tanpa Agama (iman) maka nol besar. Sebanyak apapun harta jika tanpa amal baik, maka tiada berguna. Dan setinggi apapun jabatan jika tanpa rasa malu, maka hancurlah reputasi. 

Ternyata semua yang diberikan Sang Pencipta inilah yang paling berharga dan paling Indah. 

لقد خلقناالانسان فى احسن تقويم...

"Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik baiknya" ( Qs, Attiin 4 )

Modal utama dari   semua keindahan yang di idamkan banyak manusia, tanpa di minta Dia telah memberikannya, jagalah sebaik baiknya agar tidak hilang kilauannya.

Bentuk yang terbaik, dan di hiasi Akal, Iman, rasa malu dan amal sholeh, Itulah Anugrah dan Permata yang terIndah.

والله اعلم...


Eli Solihati - Pengajar SuperCamp Riyadlul Huda Kuningan


Baca juga: 

Menikmati Peran



Subscribe to receive free email updates: