728x90 AdSpace

Update
7 Desember 2020

KID Vlognation IPPMK dan UNJ Hadirkan Ahli Desa Wisata ke Kuningan

suarakuningan.com – Vlognation yang diprakarsai oleh  Ikatan Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa Kuningan (IPPMK) Jabodetabek menggandeng Mahaasiswa Prodi Perjalanan Pariwisata Uiversitas Negeri Jakarta (UNJ) merupakan wahana teknik penggalian potensi dan promosi pariwisata.

Untuk memberikan pemahaman kepada para pemegang kebijakan, Vlognation menyelenggarakan seminar Kuningan Into Digital (KID) yang mengupas penggalian potensi wisata desa serta mempromosikannya.  Bertempat di Aula Waduk Darma, Senin (7/12), acara dihadiri para kepala desa wisata.

Pengisi materi KID adalah para ahli pariwisata, baik dari penggalian potensi maupun promosi destinasi.  Irfan Utamin, ST Ceo of Pelita Group & Dewan Pembina UMKM Naik Kelas Pusat Indonesia. Pada materinya disampaikan bahwa “UMKM Naik Kelas” nya telah diterima sebagai sarana kerjasama dengan PT Garuda Indonesia. Produk UMKM yang lolos, akan disajikan di pesawat, bahkan menjadi souvenir PT. Garuda Indonesia.

Andri Hermawan, A.Mi.,MT.,Phd (Cand.) Sekjen Indonesian Fighter Tourism Association (IFTA) Nasional dan Penasehat Prawita-Genparri DPD Kuningan menyajikan kunci utama penggalian potensi untuk desa wisata. Seringkali masyarakat melihat rutinitas bukan sebagai hal menarik. Namun dipastikan hal-hal “biasa” di desa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan luar daerah apalagi manca negara.


Hasil penggalian potensinya di Kabupaten Majalengka, kini sekedar “newak hayam leupas” menjadi daya tarik wisatwan dari Rusia dan Kanada. “Wisatawan manca negara seringkali merasa nyaman jika berjalan-jalan menelusuri pematang sawah, pinggir sungai, ke kebun-kebun dan sawah. Mereka merasakan “kehangatan” suasana desa dan betah untuk sekedar ikut mengambil kayu bakar dan menjala ikan di sungai.

Endang Komara, S.Kom Founder of Rumah Kreatif Megacitra Kuningan mengungkap metode penyajian potensi desa agar bisa layak dan menarik disajikan di media.

Dimoderatori Mohammad Samsudin, SH selaku Pembina Genpi Kuningan, acara tanya jawab cukup hangat karena banyaknya ketertarikan para peserta pada materi berbobot yang disampaikan. 

Acara yang dibuka Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan, Dr H Toto Toharudin MPd. Dalam sambutannya, Toto mengapresiasi perhatian IPMMK dan Mahasiswa Jurusan Perjalanan Wisata UNJ dalam upaya membangun wisata Kuningan. Pihaknya mendukung sepenuhnya karena KID Vlognation ini menjadi salah satu pintu bangkitnya pariwisata dan kesuksesan desa wisata di Kabupaten Kuningan.

Menurut Toto, bagi para pihak yang hendak menggali potensi desa dan pariwisata dipersilahkan untuk berkonsultasi kepada dinas agar menjaga searah dengan rencana umum pembangunan wisata di Kabupaten Kuningan. "Karena pemkab juga memetakan rencana pembanguan pariwisata di Kabupaten Kuningan," ujarnya. (red)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: KID Vlognation IPPMK dan UNJ Hadirkan Ahli Desa Wisata ke Kuningan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan